Jumat Bersih; Membangun Kepedulian terhadap Lingkungan

Pergi ke Jogja naik kereta

tidak lupa membeli arang

indah nian dipandang mata

tak ada sampah dibuang sembarang


Jalan-jalan ke kota kembang

Biji selasih di piring putih

Tanpa sampah, hati senang

Kelas bersih, pikiran jernih


Sabtu sore pergi ke taman

Memetik bunga berwarna putih

Agar belajar tetap nyaman

Jaga sekolah tetap bersih



            Pantun-pantun di atas menggambarkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Lingkungan yang menjadi tempat belajar selama lebih dari enam jam. Untuk menjaga lingkungan tetap bersih, SDN Selang mencanangkan program Jumat Bersih di hari jumat pada minggu pertama tiap bulannya. Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran untuk peduli terhadap lingkungan, selain itu untuk menanggulangi masalah-masalah kesehatan yang bersumber dari sampah.

            Jumat bersih adalah salah satu upaya dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, yang termaktub dalam progran kerja sekolah Adiwiyata. Sekolah yang nyaman akan meningkatkan konsentrasi dan antusiasme belajar siswa sehingga dapat mempengaruhi semangat siswa juga guru selama proses kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah. Seluruh guru dan karyawan turut andil dalam mendampingi siswa melaksanakan tugasnya.

            Hari ini (4/11) siswa kelas 1 dan 2 mendapat tugas membersikan sekitar kelas mereka, siswa kelas 3 bertugas membersikan sekitar lapangan upacara dan sekitar laboratorium komputer, siswa kelas 4 membantu mencabut rumput di sekitar gerbang sekolah, untuk siswa kelas 5 membantu menyiangi rumput di sekitar kolam ikan sedangkan kelas 6 membersihkan sampah di timur gedung sekolah. Harapannya, tidak hanya rasa peduli saja yang akan tumbuh dari aksi ini tapi juga rasa memiliki sehingga akan selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitarnya.

Kegiatan

  • 07 Jan, 2424
  • 12 Sep, 2222
  • 14 Jul, 2222

Berita

Pengunjung

Flag Counter

Copyright © 2019 Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Gunungkidul